Pages

Monday 4 November 2013

Cara Mengajukan Banding di Yahoo Answer


Sisi Gelap, serba-serbi dan cara mengajukan banding di Yahoo Answer

Yahoo answer (Y!A) adalah salah satu situs/portal/forum tanya jawab. Ada satu hal yang menyebalkan dari Y!A ini, yaitu pertanyaan/jawaban yang dihapus oleh admin maupun pelapor terpercaya. Pelapor terpercaya ini seringnya adalah orang-orang usil yang memanfaatkan kelengahan user lain yang telah melangggar pedoman komunitas (kadang melapor karena rasa benci, karena si user tersebut populer, tengil dsb).

Biar jawabannya nggak dihapus atau buat berjaga-jaga, baca artikel ini dulu bray

“Mengapa Pertanyaan / Jawaban Saya Dihapus?“
- konten kalian melanggar Pedoman Komunitas Yahoo Answers atau Ketentuan Layanan
Komunitas menetapkan bahwa konten kalian melanggar Pedoman Komunitas Yahoo Answers atau Ketentuan Layanan
- Pertanyaan kalian kedaluwarsa tanpa jawaban
- Pertanyaan kalian masuk ke proses voting dan komunitas memutuskan bahwa tidak ada jawaban terbaik
- Kalian menghapus sendiri pertanyaan atau jawaban itu
- Jawaban terbaik atas pertanyaan kalian dihapus oleh Yahoo atau komunitas (apabila jawaban terbaik dihapus, pertanyaan terkait juga ikut terhapus secara otomatis)
- Apabila suatu pertanyaan dihapus, semua jawaban yang terkait, termasuk jawaban terbaik, juga ikut terhapus.

“Bagaimana contoh pertanyaan yang melanggar pedoman komunitas?“
1. Apa kabar, berapa usiamu, bagaimana harimu, apa semua baik-baik saja hari ini?
2. Apa yang kamu/saya (lakukan, pikirkan, kenakan, dll.)?
3. Tebak/Apa kamu bisa menebak/Apa (nama, usia, jenis kelamin, berat badan, ulang tahun, tempat tinggal, dsb.) saya/kamu?
4. Siapa yang berasal dari_/Siapa yang bermain_di sini/Siapa yang ingin mengobrol?
5. Apa kalian suka (avatar, situs web, puisi, dll.) saya?*
6. Siapa yang ingin ikut merayakan ulang tahun, SIM, 100 poin pertama, level 7 saya?
7. Ke mana perginya pengguna (nama samaran)?
8. Permainan avatar dan segala bentuk permainan
9. Pertanyaan yang memanggil pengguna lain dengan nama sebagai obrolan

Pengecualian untuk peraturan ini, pertanyaan harus
1) bersifat meminta nasihat dan
2) berpengetahuan
Contohnya, tidak apa-apa untuk mengajukan pertanyaan :
"Apakah ada saran untuk memperbaiki puisi saya?"
"Bagaimana saya bisa membuat avatar saya lebih menarik?"

“Lalu contoh jawaban yang melanggar pedoman komunitas itu yang seperti apa?”
1. Saya tidak tahu (karena dianggap sebagai “bukan jawaban”
2. Kalian harus mengunjungi situs bla bla bla ini, gratis dan pasti ada bayarannya (Link afliasi, termasuk spam)
3. Cari di google! (pelanggaran karena dianggap bermain point dan berbuat curang)
4. Anda sungguh bodoh karena menanyakan hal ini (menghina user lain)
5. Ada sih cara untuk membobol akun, tapi nggak usah dikasih tau karena merugikan yang lain dan termasuk kejahatan, jadi jangan pernah sekali-kali pake hacking tool seperti itu (ini gw pernah nerima, alasannya karena termasuk penghasutan)
6. Menjawab dengan menyertakan link download atau link crack (konten illegal)
7. Mengancam, mengumpat, dan memfitnah user lain

“Tapi saya merasa bahwa jawaban saya tidak melanggar pedoman komunitas”
Ajukan banding aja bray. Jika banding berhasil, maka point kalian kembali 10points. Jika gagal, point kalian berkurang 10points. Tambahan,walau sepele, semakin sering kalian mengajukan banding dan berhasil, semakin membuat akun si pelapor utama melempem dan tidak bisa usil melaporkan jawaban user lain

“Bagaimana caranya mengajukan banding dengan benar?”
Pakai salah satu cara di bawah ini *Inget, satu aja! Jangan dicoba semuanya*
1. Ajukan banding melalui link pelanggaran yang tercantum di email
Untuk yang dari link dari email, bisa menggunakan bahasa Indonesia
2. Menggunakan form appeal, silahkan klik ini:
sekarang form nya udah beda, pertama-tama kita pilih select product -> answer. Setelah itu yang di bawahnya, select a category -> appeal -> appeal a comment deletion (jika jawabanmu yang terhapus) atau appeal deletion of question (jika pertanyaanmu yang dihapus) setelah itu kalian akan dipandu oleh technical support. Kalo pake cara ini, mesti paka bahasa Inggris lho ya!
3. Kirim email ke :
ini juga sama, email nya pake bahasa Inggris, dengan subject: answer deletion/deletion of question
4. Kirim email ke:
atau
atau
sama seperti cara ke-3, emailnya pake bahasa Inggris juga dengan subject yang sama seperti cara ke-3

“Contoh isi surat/ isi email bandingnya kayak gimana, qaqa?”
Hadeeuuuhhh. Sama aja kayak nulis surat biasa, pake bahasa formal dan sopan ==” .
Nih gw kasih contoh yang pake bahasa Indonesia. Ini buat contoh aja lho, kata-katanya rubah sendiri ya:
Yang terhormat Admin yahoo answer
Assalamu’alaikum wr.wb / Salam sejahtera

Saya ingin mengajukan banding atas jawaban saya yang telah dihapus. Ini link nya:

dan jawaban saya seperti ini:
“spesifikasi sony experia Z1 adalah bla bla bla bla”

Saya merasa bahwa jawaban tersebut bla bla bla bla (isi sendiri alasannya).
Besar harapan saya, agar admin mau mempertimbangkan agar jawaban saya dipulihkan kembali. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih.
Luigi



Tambahan:
Kalian memiliki tenggang waktu selama 7hari saja untuk banding, lebih dari 7hari, kesempatan banding akan expired (?) / kadaluarsa
Kalau mengajukan banding dalam bahasa Inggris, biasanya lebih cepat diladeni. Paling lambat dibalas admin hanya 2 hari *biasanya setengah hari juga udah dibales sih kalo pake English*
Banding nya 1 jawaban terhapus ya 1 kali aja, jangan berkali-kali. Kalau berkali-kali nanti akan dianggap sebagai spam

Selamat mencoba dan semoga berhasil :D

Pesan gw, kalau ikut forum manapun, jadilah user yang SOK SUCI se-suci nya, agar tidak djadikan targer penghapusan postingan maupun pembully an oleh user-user lainnya ::yaoimingface::

No comments:

Post a Comment