Sisi
Gelap, serba-serbi dan cara mengajukan banding di Yahoo Answer
Yahoo
answer (Y!A) adalah salah satu situs/portal/forum tanya jawab. Ada satu hal
yang menyebalkan dari Y!A ini, yaitu pertanyaan/jawaban yang dihapus oleh admin
maupun pelapor terpercaya. Pelapor terpercaya ini seringnya adalah orang-orang
usil yang memanfaatkan kelengahan user lain yang telah melangggar pedoman
komunitas (kadang melapor karena rasa benci, karena si user tersebut populer,
tengil dsb).
Biar
jawabannya nggak dihapus atau buat berjaga-jaga, baca artikel ini dulu bray
“Mengapa Pertanyaan / Jawaban Saya Dihapus?“
- konten kalian
melanggar Pedoman Komunitas Yahoo Answers atau Ketentuan
Layanan
Komunitas
menetapkan bahwa konten kalian melanggar Pedoman
Komunitas Yahoo Answers atau Ketentuan
Layanan
- Pertanyaan
kalian kedaluwarsa tanpa jawaban
- Pertanyaan
kalian masuk ke proses voting dan komunitas memutuskan bahwa tidak ada jawaban
terbaik
- Kalian
menghapus sendiri pertanyaan atau jawaban itu
- Jawaban
terbaik atas pertanyaan kalian dihapus oleh Yahoo atau komunitas (apabila
jawaban terbaik dihapus, pertanyaan terkait juga ikut terhapus secara otomatis)
- Apabila
suatu pertanyaan dihapus, semua jawaban yang terkait, termasuk jawaban terbaik,
juga ikut terhapus.
“Bagaimana contoh pertanyaan yang melanggar
pedoman komunitas?“
1. Apa
kabar, berapa usiamu, bagaimana harimu, apa semua baik-baik saja hari ini?
2. Apa yang
kamu/saya (lakukan, pikirkan, kenakan, dll.)?
3. Tebak/Apa
kamu bisa menebak/Apa (nama, usia, jenis kelamin, berat badan, ulang tahun,
tempat tinggal, dsb.) saya/kamu?
4. Siapa
yang berasal dari_/Siapa yang bermain_di sini/Siapa yang ingin mengobrol?
5. Apa
kalian suka (avatar, situs web, puisi, dll.) saya?*
6. Siapa yang
ingin ikut merayakan ulang tahun, SIM, 100 poin pertama, level 7 saya?
7. Ke mana
perginya pengguna (nama samaran)?
8. Permainan
avatar dan segala bentuk permainan
9. Pertanyaan
yang memanggil pengguna lain dengan nama sebagai obrolan
Pengecualian
untuk peraturan ini, pertanyaan harus
1)
bersifat meminta nasihat dan
2)
berpengetahuan
Contohnya,
tidak apa-apa untuk mengajukan pertanyaan :
"Apakah
ada saran untuk memperbaiki puisi saya?"
"Bagaimana
saya bisa membuat avatar saya lebih menarik?"
“Lalu contoh jawaban yang melanggar pedoman
komunitas itu yang seperti apa?”
1. Saya
tidak tahu (karena dianggap sebagai “bukan jawaban”
2. Kalian
harus mengunjungi situs bla bla bla ini, gratis dan pasti ada bayarannya (Link
afliasi, termasuk spam)
3. Cari di
google! (pelanggaran karena dianggap bermain point dan berbuat curang)
4. Anda
sungguh bodoh karena menanyakan hal ini (menghina user lain)
5. Ada sih
cara untuk membobol akun, tapi nggak usah dikasih tau karena merugikan yang
lain dan termasuk kejahatan, jadi jangan pernah sekali-kali pake hacking tool
seperti itu (ini gw pernah nerima, alasannya karena termasuk penghasutan)
6. Menjawab
dengan menyertakan link download atau link crack (konten illegal)
7. Mengancam,
mengumpat, dan memfitnah user lain
“Tapi saya merasa bahwa jawaban saya tidak
melanggar pedoman komunitas”
Ajukan
banding aja bray. Jika banding berhasil, maka point kalian kembali 10points.
Jika gagal, point kalian berkurang 10points. Tambahan,walau sepele, semakin
sering kalian mengajukan banding dan berhasil, semakin membuat akun si pelapor
utama melempem dan tidak bisa usil melaporkan jawaban user lain
“Bagaimana caranya mengajukan banding dengan
benar?”
Pakai
salah satu cara di bawah ini *Inget, satu aja! Jangan dicoba semuanya*
1. Ajukan
banding melalui link pelanggaran yang tercantum di email
Untuk
yang dari link dari email, bisa menggunakan bahasa Indonesia
2. Menggunakan
form appeal, silahkan klik ini:
sekarang
form nya udah beda, pertama-tama kita pilih select product -> answer.
Setelah itu yang di bawahnya, select a category -> appeal -> appeal a
comment deletion (jika jawabanmu yang terhapus) atau appeal deletion of
question (jika pertanyaanmu yang dihapus) setelah itu kalian akan dipandu oleh
technical support. Kalo pake cara ini, mesti paka bahasa Inggris lho ya!
3. Kirim
email ke :
ini juga
sama, email nya pake bahasa Inggris, dengan subject: answer deletion/deletion
of question
4. Kirim
email ke:
atau
atau
sama
seperti cara ke-3, emailnya pake bahasa Inggris juga dengan subject yang sama
seperti cara ke-3
“Contoh isi surat/ isi email bandingnya kayak
gimana, qaqa?”
Hadeeuuuhhh.
Sama aja kayak nulis surat biasa, pake bahasa formal dan sopan ==” .
Nih gw
kasih contoh yang pake bahasa Indonesia. Ini buat contoh aja lho, kata-katanya
rubah sendiri ya:
Yang
terhormat Admin yahoo answer
Assalamu’alaikum
wr.wb / Salam sejahtera
Saya
ingin mengajukan banding atas jawaban saya yang telah dihapus. Ini link nya:
dan
jawaban saya seperti ini:
“spesifikasi
sony experia Z1 adalah bla bla bla bla”
Saya
merasa bahwa jawaban tersebut bla bla bla bla (isi sendiri alasannya).
Besar
harapan saya, agar admin mau mempertimbangkan agar jawaban saya dipulihkan
kembali. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih.
Luigi
|
Tambahan:
Kalian
memiliki tenggang waktu selama 7hari saja untuk banding, lebih dari 7hari,
kesempatan banding akan expired (?) / kadaluarsa
Kalau
mengajukan banding dalam bahasa Inggris, biasanya lebih cepat diladeni. Paling
lambat dibalas admin hanya 2 hari *biasanya setengah hari juga udah dibales sih
kalo pake English*
Banding
nya 1 jawaban terhapus ya 1 kali aja, jangan berkali-kali. Kalau berkali-kali
nanti akan dianggap sebagai spam
Selamat
mencoba dan semoga berhasil :D
Pesan gw,
kalau ikut forum manapun, jadilah user yang SOK SUCI se-suci nya, agar tidak djadikan
targer penghapusan postingan maupun pembully an oleh user-user lainnya
::yaoimingface::
No comments:
Post a Comment